Lain Lain

Materi Ekonomi Syariah Tentang Pondasi Ekonomi Islam

Related image

Materi ekonomi syariah adalah materi – materi yang disediakan untuk membahas berbagai perekonomian islam, dengan adanya materi ekonomi syariah ini kalian bisa mengetahui ilmu ekonomi dalam islam dengan cepat. Kali ini kita akan membahas materi ekonomi syariah tentang pondasi utama dalam ekonomi islam yaitu :

  1. Aqidah, adalah ketetapan hati yang tidak ada keraguan di dalamnya. Kidah merupakan fungsi utama dalam ekonomi islam. Contoh: dalam bentuk keyakinan kepada Allah, bahwa harta dalam islam adalah amanah yang diberikan oleh Allah, sebagai pemilik mutlak kekayaan seluruh alam kepada manusia sebagai khalifatullah fil ard.
  2. Syariah, adalah aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT kepada hamba-hambanya yang bersumber dari al-quran dan as-sunnah. Syariah mencakup seluruh aspek kehidupan baik ritual (ibadah) maupun sosial (muamalah).
  3. Akhlak, merupakan komponen yang melekat selalu dalam diri manusia. Manusia diperintahkan oleh Allah SWT untuk melakukan kebaikan dimuka bumi, ini membuktikan pentingnya peran akhlak dalam kehidupan manusia.

Ketiga pondasi diatas harus menjadi satu keutuhan dalam implementasinya dikehidupan manusia yang direalisasikan kedalam fondasi ekonomi islam yang terdiri dari falsafah dasar, yaitu:

  1. Tauhid,merupakan asas utama dari segala aktivitas manusia. Sistem ekonomi yang telah dibangun oleh Rasulullah SWA adalah sistem yang menggabungkan harmonisasi dan persaudaraan (ukhuwwah dan tazkiyah) diantara umat manusia, disatukan oleh nilai-nilai tauhid yang berasal dari kata wahada yang berarti satu.
  2. Khalifah(perwakilan) yang memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Manusia sebagai khalifatullah mempunyai 2 tugas:
  • Sebagai hamba Allah (kewajiban agama)
  • Sebagi pemakmur bumi (muamalah), dalam kewajiban ini direalisasikan menjadi kewajiban ekonomi, sosial, dan politik.
  1. Alam,tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan manusia sebagai khalifah di muka bumi. Dalam alquran dijelaskan hubungan manusia dengan alam, yang meliputi alam kandungan, alam dunia, alam barzah dan alam akhirat.
  2. Ukhuwwah,adalah konsep yang berasal dari islam, yang bermula ketika umat muslim (muhajir) dan anshor dikenalkan oleh Rasulullah SAW, ada 3 urgen dari konsep ini yaitu terwujudnya satu kesamaan keyakinan, tujuan dan perilaku.
  3. Tazkiyah,merupakan komponen akhir yang menghubungkan antara hubungan manusia dengan Allah, manusia lain, alam dan masyarakat. Tazkiyah merujuk kepada penyucian dan tumbuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *