Uncategorized

KINI RENAULT SUDAH PUNYA PABRIK PERAKITAN DI JAKARTA

Untuk mendukung tingginya ekspedisi dan utilitas, Dacia memperkenalkan mobil serbaguna terbarunya, yakni Dacia Duster Fiskal. Mobil ini diluncurkan di Austria sembari membuka segmen baru dalam kendaraan komersial, yang dinamakan Blind SUV. Mobil yang berbasis dari Renault Duster ini mendapatkan beberapa perubahan dikala ia menyandang nama fiskal. Mulai dari eksterior, perbedaan yang paling mencolok terdapat pada bagian kaca sampingnya yang kini dilapisi oleh baja sebagai penutup. Selain itu, Duster Fiskal mendapatkan steel wheel berukuran 16 inchi.

Kemudian untuk bagian interior, perbedaan hanya terlihat pada kabin belakangnya yang kini disulap menjadi ruang kargo rata lantai berukuran 1.636 liter untuk versi 2WD dan 1.604 liter untuk varian 4WD. Selain itu, semua kelengkapannya sama seperti model kendaraan penumpang. Untuk jantung pacunya masih sama dengan versi kendaraan penumpangnya, ada mesin bensin dan juga mesin diesel. Dan harganya, Duster Fiskal dibanderol mulai dari 1.730 Poundsterling. Harga Renault Duster tersebut sudah termasuk pajak kendaraan komersial.

Ternyata Renault sudah punya pabrik perakitan di Jakarta, Indonesia. Tipe yang dirakit pertama kali adalah Renault Duster. Tapi yang dirakit baru tipe 4×4. Tipe 4×2 diupayakan menyusul tahun ini. Pabrik Renault ini berkapasitas 30.000 unit setahun.Renault Duster adalah SUV bermerek Perancis. Tapi dibuat oleh perusahaan mobil nasional Rumania, Dacia. Pertama kali tampil di Geneva Motor Show 2010. Duster juga memakai platform yang sama dengan Dacia Logan dan Sandero.

Renault telah menambahkan beberapa fitur pada Duster termasuk sistem infotainment layar sentuh kini menggunakan pilihan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay. Dalam hal fitur keselamatan, Renault telah mencangkokkan fitur ABS dengan EBD untuk semua varian deretan Duster baru. Berbicara tentang varian, Renault telah menghapus beberapa varian dari Duster Range termasuk varian Standard yang sebelumnya hanya ditawarkan dengan mesin diesel spec rendah.

Renault telah menambahkan varian manual bensin ke jajaran trim RxL untuk Renault Duster 2019. Sebelumnya, Duster RxL hanya ditawarkan dengan gearbox otomatis CVT. Renault Duster 2019 yang baru akan terus menggunakan mesin bensin dan diesel 1,5 liter. Mesin bensin 1,5 liter menghasilkan tenaga 105bhp @ 5,600rpm dan torsi 142Nm @ 4,000rpm. Mesin bensin dipasangkan dengan manual 5 kecepatan atau gearbox otomatis CVT.

Renault Duster tersedia dalam banyak varian mesin dan sistem penggerak. Namun Duster yang akan masuk ke Indonesia cuma tersedia dalam 2 tipe. Yaitu tipe penggerak 2 roda (4×2) dan 4 roda (4×4) dengan mesin yang sama. Adalah mesin turbo diesel common rail 1,5 dCi. Tapi memiliki dua varian tenaga. Untuk tipe 4×2 sendiri bertenaga 85 daya kuda (dk) dan tipe 4×4 bertenaga 110 dk.

Renault Duster ini memiliki bobot yang cukup ringan. Renault Duster hadir dengan berat yang sangat ringan, hanya 1,3 ton, dan torsi yang sangat melimpah dari mesin dieselnya, serta memiliki harga yang sangat terjangkau di kelasnya, itu yang dikatakan oleh Yusak Kertowidjojo, selaku President Director PT Indomobil Sukses Internasional Tbk saat peluncuran Renault Duster 4×4. Renault Duster memiliki ground clearance setinggi 210 mm dengan approach angle 30 derajat dan departure angle 35 derajat. Selain itu Renault Duster sanggup melalui genangan air hingga setinggi 400 mm. Ruang bagasi yang memiliki kapasitas 410 liter menjadi daya Tarik dan kelebihan tersendiri dari mobil ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *