Edukasi

Belajar Santai untuk Ujian Nasional

Ketika akan menghadapi ujian nasional, hati agak sedikit bingung untuk menyikapinya. Pengennya sih santai-santai aja, gak perlu repot belajar, gak perlu repot untuk ikut les kesana kemari, gak perlu yang namanya persiapan segala macam. Ujian nasional kan sekarang tidak menentukan kelulusan, jadi buat apa juga pusing-pusing mikirin ujian nasional,

Tapi, lama-kelamaan aku juga sadar kalau nilai ujian nasional sepantasnya diusahakan menjadi bagus karena merupakan ujian terakhir di masa sma, masa ujian pamungkas nilainya kecil, bisa jadi orang memandang jelek juga, meski nilai semester satu sampai lima nilainya bagus. Nila setitik rusak susu sebelanga deh jadinya.

Jadi, langkah paling bijak yang aku ambil untuk menyiapkan ujian nasional adalah tetap mempersiapkannya meskipun tidak terlalu diambil pusing, hitung-hitung ini juga untuk persiapan SBMPTN. Nah, pertanyaannya sekaranga adalah bagaimana belajar yang tepat untuk ujian nasional ya? Apa aku harus ikut bimbel? Males banget ga sih!

Setelah aku pikir lagi, aku memang sepertinya memerlukan jasa bimbel untuk belajar. Aku memutuskan ini karena ditakutkan aku tidak punya dorongan untuk belajar sendiri di rumah. Tapi bimbel yang aku pilih bukan sembarang bimbel. Bimbel yang bukan berasa bimbel, yaitu ruang guru.

Aku akhirnya pilih ruang guru untuk menemaniku belajar dalam mempersiapkan ujian nasional. Bimbel ruang guru cukup beda dengan bimbel pada umumnya. Pertama, dari segi harga. Beda jauh banget antara harga bimbel konvensional dengan harga paket belajar di ruang guru. Ya maklum lah harga disebut paling pertama, karena semuan kan harus disesuaikan kemampuan kantong.

Kedua, bimbel ruang guru menunjukkan sebuah kemajuan tranformasi belajar. Belajar tidak harus datang ke ruang kelas, mengerjakan, memahami materi yang sebenanya sudah kita dapatkan di sekolah. Belajar di ruang guru bisa dimana saja dan kapan saja, Tinggal buka hp, buka aplikasinya, udah deh jadi tuh kita belajar.

Ketiga, dijamin deh kalian gak bakal bosen. Bimbel menurutku rata-rata membosankan. Ya itu karena semua materi bimbel sudah semua kita dapatkan. Tapi ini nih yang paling aku suka. Ruang guru memberikan pengalaman belajar yang berbeda. Video pembelajaran sangat membantuku untuk memahami materi  yang sulit. Rangkuman belajarnya juga enak dibaca karena berbentuk infografis.

Akhirnya aku membeli paket ruang belajar dari ruang guru untuk menemaniku belajar ujian nasional. Materi-materi yang selama ini aku anggap sulit dan tidak bisa aku selesaikan, berkat video pembelajaran di ruang belajar memudahkanku sekali. Teman-temanku heran mengapa aku bisa mengerjakan soal-soal yang belum bisa kerjakan sebelumnya, dan akhirnya aku memberikan testimoni kepada mereka bahwa ruang guru bisa jadi teman kalian dalam belajar.

Karena sudah ketagihan dengan ruang guru, aku juga melanjutkan belajar di ruang guru untuk menyiapkan SBMPTN. Buat kamu yang masih belum coba atau bahkan belum tahu tentang ruang guru, coba deh cari di internet. Aplikasi keren dan sangat berguna. Alhamdulillah aku senang bisa berbagi bersama teman-teman semua. Semoga bisa menginspirasi ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *